10 Climbing shoes Terbaik untuk Kebutuhan Kompetisi

Sport climbing merupakan olahraga ekstrem yang sangat digemari di Indonesia. Namun, untuk melakukan kegiatan ini, Anda wajib memakai alat atau equipment keselamatan khusus. Termasuk climbing shoes yang berstandar internasional.

Tidak seperti sepatu olahraga pada umumnya, climbing shoes dirancang khusus untuk dapat mengait di dinding lintasan serta menggunakan material yang nyaman dan aman untuk dipakai bermanuver di dinding tebing atau diatas batu besar.

Karena itu, Kami menyajikan beberapa climbing shoes untuk kebutuhan kompetisi lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelum itu,kami akan berbagi informasi mengenai climbing shoes beserta cara perawatannya.

Pilih climbing shoes yang sesuai dengan kebutuhan dan anatomi kaki

Pada kompetisi sport climbing, jenis kompetisinya akan dibagi menjadi beberapa macam lintasan. Dan, setiap lintasan akan membutuhkan sepatu dengan bentuk serta material khusus yang aman dipakai dan mampu memaksimalkan performa atlet. Bouldering misalnya, Anda akan membutuhkan sepatu dengan tekstur elastis, lembut, dan memiliki lengkungan yang cukup.

Tidak hanya jenis dan kualitas material sepatu, hal terpenting dalam olahraga ini adalah kenyamanan dan jaminan keamanan dari equipment yang atlet pakai. Untuk keamanan, akan ada banyak jenis fitur yang ditawarkan oleh produsen. Namun, setidaknya sepatu harus memiliki harness serta sole terbuat dari karet khusus.

Advertisement

Pilih material climbing shoes yang sesuai dengan kelas dan jenis kompetisi

Kesalahan dalam memilih material climbing shoes sering kali terjadi, terutama oleh para pemula sport climbing. Walaupun sebetulnya tidak ada standar khusus mengenai jenis material sepatu yang harus dipakai atlet dalam jenis kompetisi tertentu.

Salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian khusus adalah jenis rubber pada sole sepatu. Umumnya, sepatu-sepatu standar minimal kompetisi akan menggunakan jenis rubber Vibram XS Grip Series, dan beberapa climbing shoes juga memakai Science Friction Series.

Sedangkan untuk upper material dari climbing shoes modern, biasanya akan memakai jenis material sintetis yang kuat, elastis, dan ringan seperti Microsuede, Leather, Suede Leather, Lorica, dan masih banyak lagi. Namun, yang pasti, apa pun materialnya, climbing shoes harus fit dan nyaman di kaki atlet.

Jangan asal memilih jenis profile climbing shoes untuk kompetisi

Jenis profile climbing shoes ada tiga, yakni neutral, moderate, serta aggressive. Dari ketika jenis ini, ada perbedaan yang cukup mendasar dalam hal keunggulan serta tujuan penggunaannya. Neutral profile misalnya, jenis climbing shoes ini memiliki shape yang simetris atau memiliki sole yang flat/datar.

Berbeda dengan climbing shoes moderate dan aggressive, kedua jenis sepatu ini memiliki bentuk sole berupa kurva. Fungsi dari kurva atau lengkungan tersebut tidak lain untuk memudahkan climber dalam mengaitkan telapak kaki ke dinding lintasan.

Advertisement

Akan tetapi, yang harus dipahami disini adalah tujuan penggunaan sepatunya. Climbing shoes tipe aggressive misalnya, sangatlah tidak cocok untuk kompetisi jenis hard atau pun batu besar. Kami menyarankan Anda memakai tipe neutral yang memiliki sole datar supaya bisa bergerak dan menjaga keseimbangan tubuh.

Cara memilih climbing shoes yang sesuai untuk kaki anda

Mengetahui dan memahami hal-hal mengenai climbing shoes saja tidaklah cukup untuk menilai apakah sepatu tersebut cocok untuk Anda. Pastikan tidak melupakan proses fitting sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut tips fitting climbing shoes yang mudah dan cepat:

  • Pilih climbing shoes sesuai bentuk kaki, dan hindari membeli produk yang asing secara online kecuali Anda sudah pernah mencobanya. Atau setidaknya konfirmasi terlebih dahulu mengenai keunikan kaki Anda pada toko atau penjual.
  • Ketika Anda mencoba memakai climbing shoes, pastikan kaki cukup nyaman serta tidak tertekan oleh titik mati sepatu. Hindari sepatu yang memberikan kesan tidak nyaman serta sakit di awal pemakaian.
  • Climbing shoes yang berkualitas akan memiliki sifat stretchy atau melar mengikuti bentuk dan ukuran kaki. Memang ada beberapa jenis sepatu yang tidak nyaman di awal pemakaian, namun sebaiknya ambil cara amannya saja.
  • Cobalah bermacam-macam jenis serta merek sepatu sebelum membeli dari toko. Anda akan dapat menilai sendiri mana sepatu yang sesuai dengan merasakan sensasi pemakaian secara nyata.

Cara merawat climbing shoes yang baik dan benar

Climbing shoes merupakan equipment yang cukup rentan dan mudah mengalami kerusakan bila perawatan yang dilakukan tidak sesuai standar. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tata cara merawat climbing shoes dengan baik dan benar, sebagai berikut:

  • Bagian paling penting dari climbing shoes adalah sole, Anda harus benar-benar menjaga kebersihan serta kondisinya supaya tetap sticky, aman, dan nyaman saat dipakai. Bersihkan sole dengan alcohol atau cairan pembersih khusus sepatu.
  • Jangan mencuci climbing shoes dengan air atau pun memasukkannya ke dalam mesin cuci. Hindari penggunaan deterjen saat membersihkan sepatu dari kotoran yang menempel.
  • Setelah Anda membersihkan climbing shoes, keringkan di ruangan dengan udara mengalir. Jangan jemur sepatu langsung dibawah sinar matahari. Hal tersebut akan merusak lem serta membuat karet sole cepat aus dan keras.
  • Jangan langsung menyimpan sepatu langsung didalam tas setelah penggunaan. Pastikan mengeringkan bagian climbing shoes yang basah terlebih dahulu. Serta, jangan menyimpan ditempat yang lembab.
  • Saat climbing shoes tidak digunakan dalam jangka waktu lama, masukkan kertas atau benda penyangga ke dalam sepatu. Hal ini berfungsi untuk menjaga sepatu tidak mengalami perubahan bentuk atau rusak karena tertekan.

10 Climbing shoes terbaik untuk kebutuhan kompetisi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang climbing shoes yang cocok untuk kompetisi lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi produk climbing shoes terbaik dari berbagai merek sebagai berikut:

10. La Sportiva Cobra Blue Climbing shoes

la_sportiva_cobra_blue_climbing_shoes

Harga : Rp 2.000.000

Climbing shoes yang fleksibel namun shape dan sticky

Advertisement

La Sportiva Cobra Blue dirancang supaya bisa memaksimalkan performa dari atlet. Sepatu ini dibuat dari karet Vibram XS Grip yang sangat sticky ketika kaki menekan pada dinding. Sedangkan pada bagian tumit, Cobra Blue dibuat menyerupai cup yang berfungsi untuk mengaitkan ujung tumit supaya tetap stabil dan tidak slip.

Untuk keamanan, Cobra Blue memiliki sistem safety berupa lock harness system yang menjaga pergelangan kaki tetap fit dengan sepatu saat melakukan manuver. Dan, bagian terbaik dari sepatu ini adalah fast lacing system-nya yang dapat diatur secara personal supaya tetap aman dan nyaman.Anda bisa membeli climbing shoes ini di Shopee.

9. Scarpa Instinct VS

scarpa_instinct_vs

Harga : Rp 2.300.000

Cocok digunakan untuk lintasan hard sport climbing dan bouldering

Sepatu ini merupakan salah satu produk dari Instinct Series yang memiliki keunggulan pada kelenturan dan kelembutannya. Instict VS sering kali digunakan pada kompetisi sport climbing di lintasan bertipe hard dan bouldering.

Instinct VS memiliki komposisi karet yang lebih tebal dari beberapa produk seri serupa. Serta, sepatu ini memiliki fitur Velcro yang sangat cocok untuk lintasan curam dan menjorok. Bagian ini sangat membantu atlet untuk bermanuver dengan memaksimalkan gesekan pada tepi tebing.

Advertisement

Salah satu fitur yang cukup menonjol pada Instinct Series adalah, penggunaan karet berjenis XS Grip 2 yang sangat lembut dan mampu menempel sepenuhnya pada batu-batu keras dan kasar di dinding tebing. Anda bisa membeli climbing shoes ini di Shopee.

8. Scarpa Instinct SR

scarpa_instinct_sr

Harga : Rp 2.455.000

Desain baru dan lebih agresif

Scarpa Instict SR merupakan climbing shoes yang hadir dengan beberapa penyempurnaan dari seri sebelumnya. Beberapa upgrade telah menambah kemampuan SR menjadi lebih mobile dan cocok untuk digunakan untuk hampir semua lintasan. Namun,sama seperti produk Instinct lainnya, sepatu ini sempurna untuk lintasan hard dan bouldering.

Beberapa perubahan yang cukup bisa dirasakan adalah, pengurangan jumlah material karet dan asimetri XS Grip 2 menjadi 3.5 mm. Akan tetapi, sepatu ini tetap memiliki level kelembutan, kenyamanan, dan keamanan yang tidak kalah dari produk Instinct lainnya. Anda bisa membeli climbing shoes ini di Bukalapak.

7. Scarpa Instinct VS Aqua

scarpa_instinct_vs_aqua

Harga : Rp 2.880.000

Persembahan terbaik dari Instinct Series untuk atlet perempuan

Advertisement

Kebanyakan climbing shoes umumnya didesain untuk dapat dipakai oleh siapa saja, baik atlet laki-laki maupun perempuan. Namun VS Aqua dirancang khusus untuk meningkatkan performa pengguna perempuan dengan beberapa penyesuaian menurut anatomi dan struktur kaki atlet.

Sepatu ini dibuat dengan sangat presisi, tetapi juga agresif. Selain itu, VS Aqua dirancang untuk dapat dipakai di semua jenis lintasan. Bagian menarik yang tidak ditemukan di Instinct Series lainnya adalah bentuk dan angle toe-nya yang berbentuk box. Anda bisa membeli climbing shoes ini di Bukalapak.

6. Scarpa Instinct VSR

scarpa_instinct_vsr

Harga : Rp 2.300.000

Climbing shoes paling ideal untuk lighter climber

Instinct VSR merupakan kelanjutan dari VS series dengan penerapan karet Velcro yang sedikit lebih tebal dari versi sebelumnya. Hal ini difungsikan untuk menambah sifat sticky dari karet ketika bergesekan dengan tepi dinding lintasan.Selain itu, atlet dapat bermanuver dengan jauh lebih cepat dan aman.

Instinct VSR tetap menawarkan keunggulan dari Instinct series yang berfokus pada kenyamanan saat pemakaian.Rahasia dari keunggulan VSR ini adalah penerapan fitur Bi-Tension Rand, dimana jari-jari kaki atlet dapat digerakkan dengan nyaman untuk menekan dinding. Anda bisa membeli climbing shoes ini di Shopee.

Advertisement

5. MadRock Drone HV

madrock_drone_hv

Harga : Rp 1.950.000

Memilikiperforma tinggi dengan desain Edge Heel Edgeable

MadRock Drone HV merupakan climbing shoes yang banyak dipilih oleh atlet profesional maupun para sport climber pemula di Indonesia. Sepatu ini dibuat dengan material yang sangat stretchy atau elastis dan dapat disesuaikan dengan bentuk serta ukuran kaki sebagian besar orang.

Dalam hal kenyamanan, Drone HV sangatlah baik. Sebab, ketika Anda memakai sepatu ini, telapak kaki serta tumit tidak akan sesak karena titik mati sepatu yang keras. Dengan kata lain, sepatu ini akan menyesuaikan dengan bentuk kaki Anda yang unik.

Drone HV merupakan climbing shoes bertipe all-rounder, atau dapat dipakai untuk segala jenis kompetisi panjat tebing. Dengan sepatu ini, Anda bisa bermanuver dengan sangat nyaman dan aman. Anda bisa membeli climbing shoes ini di Shopee.

4. Simond Edge Lace Up

simond_edge_lace_up

Harga : Rp 2.700.000

Climbing shoes dengan fitting nyaman serta easy dressing

Advertisement

Simond Edge Lace Up memiliki desain yang cukup berbeda dari kebanyakan climbing shoes merek lain. Sepatu ini menggunakan tali yang dapat disesuaikan kekecangan saat pemakaian.Selain itu, Edge dirancang dengan sangat lengkungan sole yang sangat presisi, sehingga Anda bisa tetap nyaman dengan safety maksimal.

Simond Edge Lace Up menggunakan jenis karet Vibram XS Grip yang banyak diterapkan pada sepatu-sepatu kelas profesional. Walaupun terbuat dari 100% rubber dan material sintetis, Edge memiliki struktur yang kaku dibagian bawah kaki untuk memaksimalkan micro-hold. Anda bisa membeli climbing shoes ini di Shopee.

3. MadRock Flash 2018

madrock_flash_2018

Harga : Rp 1.550.000

Climbing shoes dengan rating 5.0/5.0 diberbagai situs reviewer sport climbing

MadRock Flash 2018 merupakan climbing shoes yang sangat digemari oleh sport climber dalam dan luar negeri. Dengan stiffness soft-medium dan curvature berjenis moderate, tidak salah lagi Flash 2018 merupakan sepatu yang sempurna untuk all-rounder sport climber.

Sedangkan untuk material sole-nya, Flash 2018 menggunakan rubber jenis Science Friction 3.0. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang masih pemula dalam sport climbing. Sebab, Flash 2018 memiliki durability yang baik serta harga terjangkau.Anda bisa membeli climbing shoes ini di Shopee.

Advertisement

2. MadRock Drifter

madrock_drifter

Harga : Rp 1.300.000

Sepatu profesional sport climber starter-pack

Ini merupakan produk yang sangat pas untuk Anda penyuka desain climbing shoes klasik. Sepatu ini menggunakan jenis profil netral atau tanpa lengkungan yang ekstrem pada bagian sole-nya, sehingga Anda bisa menggunakan MadRock Drifter sepanjang hari tanpa takut mengalami kelelahan atau luka pada kaki.

Namun, Anda tidak perlu meragukan soal performa MadRock Drifter saat digunakan memanjat serta bermanuver di dinding lintasan. Walaupun memiliki sole medium-hard, sepatu ini cukup nyaman dan sensitif dibagian tepian sepatu. Anda bisa membeli climbing shoes ini di Bukalapak.

1. La Sportiva MIURA

la_sportiva_miura

Harga : Rp 2.300.000

Climbing shoes terbaik untuk bouldering dan multi-pitch

La Sportiva Miura telah banyak diandalkan oleh para sport climber professional nasional dan dunia untuk turun di kompetisi yang sebenarnya. Sepatu ini telah teruji performanya di lintasan batu besar atau multi-pitch, serta beberapa jenis lintasan lainnya.

Advertisement

Pada pemakaian pertama kali, Miura memang memerlukan waktu untuk penyesuaian. Namun, ketika strukturnya sudah sedikit melunak, Anda tidak akan percaya sepatu ini memiliki harga dibawah 3 juta. Bahkan Anda bisa menemukan produk dengan kualitas serupa seharga 5 hingga 10 juta.

La Sportiva Miura menerapkan slingshot rand dan sole Powerhinged yang dapat membatasi peregangan yang berlebihan. Hal ini sangat membantu sepatu untuk meningkatkan durabilitas pemakaian rutin. Anda bisa membeli climbing shoes ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli climbing shoes untuk kebutuhan kompetisi, sebaiknya Anda benar-benar mempertimbangkan jenis sole, ukuran curva/kelengkungan, kelenturan, jenis bahan, merek serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatan supaya climbing shoes selalu dalam kondisi baik, bersih, aman digunakan, serta meningkatkan durabilitas pemakaian.
  • Anda bisa memilih climbing shoes merek Scarpa seri Instinct untuk turun dikompetisi dengan lintasan keras atau hard. Sebab, sepatu jenis ini memiliki fitur yang memang khusus didesain untuk lintasan tersebut.
  • Sedangkan untuk Anda yang baru mulai menekuni sport climbing, Anda bisa memilih climbing shoes dari MadRock yang nyaman serta memiliki harga terjangkau namun sangat aman.
  • Namun, jika Anda bermaksud untuk turun di kompetisi sport climbing dengan lintasan batu besar atau multi-pitch, Anda bisa memilih merek sepatu dari Simond.

Sumber

  1. MEC, How to Choose Your Climbing shoes, https://www.mec.ca/en/explore/choose-your-climbing-shoes
  2. Gear Patrol (2019), The Best Rock Climbing shoes 2019, https://gearpatrol.com/2019/10/17/best-rock-climbing-shoes/
  3. Outside (2019), We Tested 26 Pairs of Climbing shoes – These Are the Best, https://www.outsideonline.com/2402653/best-rock-climbing-shoes

Leave a Reply