10 Kipas Angin Awet dan Terbaik

Kipas angin memiliki peranan penting untuk membuat sirkulasi udara suatu ruangan menjadi sejuk atau segar kembali. Berbagai jenis kipas angin bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran seperti, kipas angin meja, kipas angin berdiri, kipas angin dinding, kipas angin mini portabel dan lain-lain.

Terkadang kipas angin yang sudah dibeli tidak mampu bertahan lama, sehingga sering bergonta-ganti kipas angin yang mengakibatkan pengeluaran semakin membengkak. Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi, karena dengan memilih fitur yang tepat dan terbaik, kipas angin akan lebih awet.

Untuk itu, kami akan menyajikan beberapa kipas angin awet dan terbaik berikut dengan harga serta ulasannya. Sebelumnya, akan kami jelaskan tentang jenis-jenis kipas angin, fiturnya dan juga cara perawatannya berikut ini:

Memilih jenis kipas angin sesuai kebutuhan

Ketika Anda membeli kipas angin, pastikan memilih jenis kipas angin yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Untuk memastikan jenis kipas angin yang tepat dan cocok, berikut ini jenis-jenis kipas angin yang bisa Anda gunakan:

Pertama, kipas angin meja. Kipas angin ini biasanya disebut dengan desk and table fan, biasanya kipas angin ini diletakkan di meja dan memiliki sifat portable atau mudah dipindahkan. Kipas angin meja ini wajib Anda miliki karena ukurannya yang kecil sehingga tidak perlu tempat khusus untuk meletakkannya.

Kedua, kipas angin dinding. Kipas angin ini biasanya diletakkan menggantung atau menempel di dinding. Kipas angin dinding (wall fan) ini tidak menyebabkan ruangan menjadi sempit, jadi Anda bisa lebih menghemat tempat.

Ketiga, kipas angin berdiri. Kipas angin ini bentuknya lebih besar dan bisa menghasilkan angin yang optimal. Kipas angin berdiri (standing fan) ini dilengkapi dengan tiang penyangga yang berfungsi untuk menopang kipas angin agar kuat saat digunakan. Biasanya kipas angin ini bersifat portable atau mudah dipindahkan.

Keempat, kipas angin langit-langit. Kipas angin yang diletakkan di langit-langit ruangan ini biasanya memiliki baling-baling yang berukuran lebih besar, namun ada juga yang berukuran keci. Karakteristik baling-baling kipas angin ini tidak ada penutupnya atau sangkarnya, sehingga angin bisa menyebar lebih merata ke seluruh penjuru ruangan.

Kelima, kipas angin exhaust fan. Kipas angin ini karakternya terpasang di tembok dan memiliki fungsi bisa menghembuskan angin dari dalam ruangan menuju keluar ruangan atau sebaliknya, karena itu kipas angin ini dilengkapi dengan fitur dua arah putaran.

Keenam, kipas angin mini potrable. Kipas angin ini bentuknya mini dan memiliki baterai yang bisa di isi ulang. Kipas ini bisa bersifat portable dan sangat cocok dipakai saat traveling atau berpetualang karena mudah dibawa kemana-mana.

Ketujuh, kipas angin air cooler. Kipas angin ini bentuknya menyerupai AC dan memiliki tabung yang bisa diisi dengan air dingin, sehingga hembusan angin yang dihasilkan lebih sejuk.

Dari beragam kipas angin di atas, Anda bisa menentukan jenis kipas angin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menyukai kegiatan traveling atau petualangan, maka Anda membeli kipas angin mini portable.

Namun jika Anda menginginkan kipas angin untuk kebutuhan di rumah, maka banyak pilihan yang bisa Anda gunakan, dan yang lebih penting Anda harus memperhatikan empat faktor utama dalam memilih model kipas angin seperti efisiensi, motor, aliran udara, dan desain.

Memilih kipas angin dengan fitur remote control

Untuk memudahkan pemakainan kipas angin, Anda bisa memilih kipas angin yang dilengkapi dengan fitur remote control. Beberapa produk, biasanya memberikan remote control kipas angin dengan tombol pengaturan seperti speed, timer, rhythm, swing dan on/off.

Tombol speed ini digunakan untuk mengatur berapa kecepatan angin, sehingga angin yang diperlukan untuk menyejukkan ruangan bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tombol timer memiliki fungsi untuk mematikan kipas angin secara otomatis, jadi Anda bisa lebih berhemat karena pemakaian listrik menjadi tidak boros.

Tombol rhythm ini akan mengatur ritme kekuatan angin sehingga angin yang dihasilkan terasa lebih alami. Pemakaian tombol ini akan membuat suasana istirahat atau tidur Anda akan semakin rileks dan nyaman, karena bisa menimbulkan efek angin sepoi-sepoi.

Tombol swing akan memberikan efek angin yang bisa menyebar keseluruh ruangan sehingga akan membuat ruangan lebih sejuk dan nyaman. Kipas angin yang terdapat tombol pengaturan swing ini sangat cocok jika digunakan di ruang keluarga atau ruang tamu.

Tombol on/off berfungsi untuk mematikan atau menghidupkan kipas angin. Tombol ini umum ada pada remote control kipas angin pada berbagai merek.

Tentunya pengaturan remote control pada masing-masing merek bisa berbeda-beda, dan beberapa produsen akan selalu berinovasi pada modelnya agar tampilannya lebih bagus dan nyaman digunakan konsumen.

Bahkan ada kipas angin yang melengkapi tombol pengaturan yang lebih canggih, seperti adanya layar untuk mendeteksi suhu ruangan atau remote yang bisa dihubungkan dengan sistem android pada gadget, smartphone, maupun tablet.

Perawatan kipas angin agar awet dan tahan lama

Seperti alat elektronik rumah tangga lainnya, kipas angin pun membutuhkan perawatan agar lebih awet dan bisa bekerja secara terus-menerus secara optimal. Beberapa perawatan kipas angin yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Memebersihkan secara berkala kipas angin dari debu atau kotoran yang menempel, karena jika dibiarkan akan menyebabkan baling-baling menjadi berat dan menjadikan kinerja motor semakin berat.
  • Ketika membersihkan kipas angin, hindari menggunakan air yang bisa menetes ke mesin sehingga dapat menyebabkan kerusakan atau konsleting. Namun, jika Anda harus harus menggunakan air saat membersihkannya, maka pastikan kondisi kipas angin benar-benar kering sebelum digunakan kembali.
  • Berikan minyak pelumas setelah dibersihkan pada bagian seperti baling-baling, gears, leher/bearing agar kinerja kipas angin lebih optimal.
  • Gunakan timer agar kipas angin lebih awet dan tahan lama. Jika tidak ada timer, pastikan Anda mematikan kipas angin saat tidak digunakan.
  • Simpan kipas angin di tempat yang aman ketika tidak digunakan, sehingga terhindar dari debu maupun kotoran yang menempel.
  • Jika Anda akan memeriksa kipas angin ketika macet atau rusak, pastikan kipas angin terlepas dari sumber listrik, kemudian Anda bisa membongkarnya dan memeriksa bagian-bagiannya yang sudah Anda ketahui. Namun jika tidak mengerti, serahkan pada ahlinya agar kipas angin Anda berfungsi kembali.
  • Saat Anda memasang kipas Angin dinding atau gantung, maka pasanglah dengan baik dan hati-hati, pastikan benar-benar aman sebelum Anda gunakan. Karena pemasangan yang kurang tepat bisa membahayakan lingkungan disekitar Anda.

10 Kipas angin awet dan terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kipas angin, perkenankan kami memberikan rekomendasi kipas angin awet dan terbaik dari merek-merek berkualitas yang bisa Anda dapatkan dibawah ini:

10. Kipas Angin Philips Turbo CFR 5889


Harga : Rp 230.000

Lebih awet, angin lebih merata dengan kualitas bahan terbaik

Kipas angin dari merek Philips ini terkenal dengan kualitasnya yang lebih awet dan tahan lama. Philips Turbo CFR 5889 memiliki fitur yang akan akan menambah kesejukan rumah Anda, karena memiliki teknologi Double Blade yang akan menyebarkan angin lebih merata ke sisi tengah dan samping.

Kipas angin ini juga terbuat dari material plastik dengan kualitas terbaik sehingga angin turbo yang dihasilkan lebih kokoh. Selain itu, Anda bias lebih hemat listrik karena daya yang dibutuhkan hanya 65 watt. Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

9. Kipas Angin Maspion PW 1802 RC


Harga : Rp 497.500

Sangat praktis, canggih dengan pengaturan menggunakan remote control

Untuk Anda yang mengiginkan kipas angin yang lebih praktis dan mudah sistem pengoperasiannya, Anda bisa membeli kipas angin Maspion PW 1802 RC. Karena kipas angin ini dilengkapi dengan remote control yang bisa diatur sampai jarak 5 meter.

Selain itu, kipas angin ini memiliki pilihan kecepatan angin yang bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dan anginnya bisa menyebar ke seluruh penjuru ruangan disekitar Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

8. Kipas Angin Sekai HFN 1060


Harga : Rp 194.500
re>

Kipas angin besi portabel, awet dan mudah dibersihkan

Kipas angin besi tornado typhoon memiliki karakteristik portabel yang mudah dipindahkan dan bisa ditaruh di meja maupun di dinding. Kipas angin ini juga dilengkapi dengan 3 pengaturan kecepatan yang akan memudahkan Anda mendapatkan pilihan kecepatan angin yang optimal sesuai kebutuhan.

Kipas angin Sekai HFN 1060 ini hemat listrik, karena konsumsi dayanya yang tergolong rendah, jadi Anda bisa menghemat pengeluaran listrik di rumah.Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

7. Kipas Angin Panasonic F-ET4014-H


Harga : Rp 639.000

Mudah digunakan, lebih awet dan tahan lama

Panasonic merupakan produsen alat elektronik rumah tangga dengan produk-produknya yang berkualitas, salah satu produknya kipas angin Panasonic F-ET4014-H. Kipas angin ini mampu menghasilkan angin yang lebih kencang dan suaranya yang tidak menimbulkan kebisingan.

Kipas angin ini dilengkapi thermal fuse yang berfungsi menghentikan kerja motor apabila suhu motor terlalu panas, sehingga dapat membuat kipas angin ini lebih awet dan tahan lama. Anda bisa membeli selimut ini di JD.ID.

6. Kipas Angin Regency Tornado Deluxe Fan 18″


Harga : Rp 379.000

Body lebih kokoh, hemat ruang dengan angin yang lebih optimal

Kipas angin merek Regency dengan tipe Tornado Deluxe Fan ini memiliki diameter 18 Inci yang bisa menghemat ruang di rumah Anda, karena ukurannya yang kecil. Kipas angin ini terbuat dari material besi yang kuat dan kokoh.

Untuk menjaga stabilitas, kipas angin ini dilengkapi dengan karet kaki yang berfungsi untuk menghindari gesekan berlebih. Selain itu, terdapat 3 pengaturan kecepatan yang akan memudahkan pilihan kecepan angin secara optimal sesuai kebutuhan yang Anda inginkan. Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

5. Kipas Angin Cosmos 16-SDB


Harga : Rp 226.000

Kipas angin berdiri lebih sejuk dan nyaman digunakan

Kipas angin tipe standing dari Cosmos ini akan membuat sirkulasi udara di ruangan Anda lebih sejuk. Kipas angin ini berukuran 16 Inci dengan model yang simple sehingga Anda bisa menaruhkan diberbagai tempat di ruangan Anda tanpa membuat ruangan menjadi kelihatan sempit.

Kipas angin Cosmos 16-SDB dilengkapi dengan 3 pilihan kecepatan, yaitu: lambat, sedang dan cepat, sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan kesejukan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

4. Kipas Angin Sanex Box Fan 818


Harga : Rp 125.000

Desain lebih keren, lebih efisien dengan angin yang optimal

Kipas angin Sanex Box Fan 818 ini memiliki desain yang menarik dengan tiga pilihan warna yang akan membuat ruangan Anda semakin modern. Kipas angin ini dilengkapi dengan fitur 3 pengaturan kecepatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan Anda.

Yang membedakan kipas angin Sanex dengan kipas angin lainnya adalah adanya pengaturan timer yang berfungsi untuk mematikan atau menyalakan kipas angin secara otomatis. Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

3. Kipas Angin Starco IF-318


Harga : Rp 307.000

Kipas angin 3in One, lebih awet dengan material berkualitas

Kipas Angin Starco IF-318 ini bersifat portabel yang bisa dipasang di dinding, digunakan di meja maupun ditaruh di lantai. Kipas angin ini dirancang dengan menggunakan rangka besi dan baling-balin aluminium sehingga lebih kokoh dan tahan lama.

Selain itu, kipas angin merek Starco ini tidak menimbulkan kebisingan, hemat listrik, dan lebih aman karena dilengkapi dengan sekring pengaman jika panas berlebih. Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

2. Kipas Angin Miyako KAD-1227 B


Harga : Rp 176.000

Kipas angin dinding lebih awet dan berkualitas

Kipas Angin Miyako KAD-1227 B dilengkapi dengan 3 sistem pengaturan kecepatan yang dapat memudahkan Anda untuk mengatur kecepatan angin sesuai dengan keinginan Anda. Kipas angin ini juga dilengkapi dengan thermo fuse sehingga kipas angin lebih awet dan aman digunakan.

Selain itu, kipas angin dinding memiliki dengan yang menarik sehingga bisa menambah keindahan desain interior ruangan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

1. Kipas Angin Trisonic 1601


Harga : Rp 135.000

Ruangan lebih sejuk dengan angin yang merata

Kipas angin berdiri Trisonic 1601 ini bisa membantu Anda mengatasi sirkulasi udara di ruangan Anda, sehingga ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman. Selain itu, hembusan anginnya lebih kencang dengan kinerja kipas angin yang tidak menimbukan kebisingan.

Kipas angin ini memiliki 3 pengaturan kecepatan dengan tombol stop yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Anda bisa membeli kipas angin ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kipas angin, pastikan Anda mengetahui jenis-jenis kipas angin yang sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan tingkat efisiensi, motor, aliran udara, dan desain kipas angin.
  • Pilih fitur tambahan seperti adanya remote control yang memudahkan Anda ketika menggunakan kipas angin, dengan pilihan mode/tombol yang bisa Anda atur dengan mudah.
  • Anda bisa memilih kipas angin Philips Turbo CFR 5889, karena kipas angin dari produk Philips memiliki kualitas yang sangat baik, lebih awet dan tahan lama.
  • Namun jika Anda ingin kipas angin yang mampu menghasilkan angin yang lebih kencang, tidak bising, dan memiliki sistem yang mampu menjaga motor agar tidak terlalu panas, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke Panasonic F-ET4014-H.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan kipas angin portabel, bisa dipasang di dinding, digunakan di meja maupun ditaruh di lantai, maka Anda bisa memilih kipas angin Starco IF-318.

Referensi

Ceilingcomparison (2018), Best Ceiling Fan Brands, https://ceilingfancomparison.com/best-ceiling-fan-brands/

Doityourself (2018), How To Care For A Desk Fan, https://www.doityourself.com/stry/how-to-care-for-a-desk-fan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *