10 Pompa Air Berkualitas dan Awet Untuk Rumah

Memiliki pompa air berkualitas sesuai kedalaman sumur tentu akan memudahkan Anda memperoleh air bersih. Karena jenis pompa air berbeda-beda tergantung pada kedalaman sumur, ada jenis pompa sumur dangkal, pompa jet dan pompa submersible.

Memilih pompa air juga harus mempertimbangkan konsumsi daya listrik. Semakin kuat daya hisap pompa air, semakin besar pula konsumsi daya listriknya. Selain itu, pertimbangan juga memilih merek pompa air yang telah terbukti kualitasnya.

Untuk itu, kami akan menyajikan beberapa merek pompa air awet dan berkualitas berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang pompa air dan perawatannya agar bisa memudahkan Anda memilih pompa air secara tepat dan cocok sesuai kebutuhan Anda.

Memilih jenis pompa air berdasarkan kedalaman air

Ketika Anda akan memutuskan untuk membeli pompa air, maka tentukan terlebih dahulu berapa kedalaman air di daerah Anda. Karena untuk rumah biasa, Anda mungkin cukup menggunakan jenis pompa air sumur dangkal.

Biasanya pompa air sumur dangkal memiliki kemampuan daya hisap 9 meter, yang berarti hanya diperuntukkan untuk kedalaman kurang dari 9 meter. Pompa air sumur dangkal ini banyak digunakan oleh masyarakat yang berada di daerah yang memiliki debit air yang cukup besar.

Jenis pompa sumur dangkal lebih efektif dan lebih hemat, karena kemampuan menghisap airnya lebih rendah, jadi konsumsi daya listriknya pun tidak besar.

Sedangkan pada pompa jet memiliki batasan spesifikasi daya hisap maksimum sampai kedalaman 60 meter. Pompa jet biasanya memerlukan daya listrik yang relatif lebih besar, karena menggunakan motor elektrik dengan power yang lebih besar.

Untuk kedalaman sumur yang biasanya digunakan dalam pembuatan sumur bor pompa jet antara kedalaman 25 meter sampai kedalaman 45 meter, tergantung pada kedalaman sumur dan tukang sumurnya saat melakukan penutupan air kotornya dikedalaman berapa.

Namun jika Anda menginginkan pompa air dengan kedalaman yang lebih besar, di atas 60 meter, Anda bisa menggunakan pompa air submersible. Pompa air ini disebut juga dengan pompa air benam, dengan prinsip kerja yang jauh berbeda dengan pompa jet. Jika pompa jet bekerja dengan cara menghisap air, maka pompa air submersible bekerja dengan cara mendorong air.

Pompa submersible mampu dipasang pada sumur hingga kedalaman sampai 200 meter. Karena itu, jenis pompa ini harganya lebih mahal dengan sistem kelistrikan yang lebih rumit daripada pompa jet atau pompa sumur dangkal.

Jika Anda masih ragu menggunakan jenis pompa yang tepat berdasarkan kedalaman air, maka Anda bisa memastikannya dengan bertanya kepada jasa profesional seperti tukang sumur atau teknisi yang sudah berpengalaman memasang pompa air.

Memilih pompa air otomatis atau manual

Pada dasarnya pompa air ada dua macam, pompa air manual dan pompa air otomatis. Pompa air manual berarti Anda harus mematikan dan menghidupkan pompa air dengan menggunakan tangan, sedangkan pompa air otomatis menggunakan sensor atau alat yang terpasang di pompa air.

Pemasangan pompa air otomatis ini menggunakan alat yang berupa pressure switch (sensor tekanan) atau juga bisa menggunakan level switch (pelampung) yang bisa mengisi tangki air secara otomatis ketika tangki kosong. Jenis pompa ini lebih awet karena memiliki lebih banyak cadangan air, dan tidak ada tekanan tinggi di dalam pipa.

Sedangkan pemasangan pompa air manual menggunakan colokan (stecker) mesin pompa air yang langsung dihubungkan melalui saklar terlebih dahulu, tanpa menggunakan alat tambahan seperti pada pompa air otomatis.

Kedua macam pompa ini memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan sendiri-sendiri, tergantung pada tujuan Anda menggunakan pompa air. Tentu pilihan yang bisa Anda gunakan adalah bagaimana pompa air bisa bekerja secara efisien dan praktis, namun juga bisa membuat Anda lebih berhemat.

Konsumsi daya listrik pompa air

Setiap pompa air memiliki daya listrik yang berbeda-beda, salah satu yang mempengaruhi jumlah daya listrik adalah kemampuan daya hisap pompa air. Semakin besar daya hisap pompa air, semakin banyak pula daya listrik yang dibutuhkan.

Jika Anda memaksakan memasang pompa air yang melebihi daya listrik Anda di rumah, maka bisa dipastikan listrik akan padam ketika pompa air dinyalakan. Jadi pastikan ketika membeli pompa air Anda memperhatikan voltasenya.

Agar lebih hemat pengeluaran pemakaian listrik, tentu Anda bisa memilih jenis pompa air yang biasa saja. Karena selain daya listriknya yang rendah, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Perawatan pompa air

Seperti halnya mesin elektronik lainnya, pompa air juga membutuhkan perawatan agar bisa lebih awet dan tahan lama. Selain itu, perawatan pompa air juga berfungsi agar mesin dapat bekerja secara optimal sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

Untuk perawatan secara berkala, Anda harus memastikan menyediakan spare part yang penting dan bisa digunakan untuk keadaan darurat. Namun tentunya Anda harus mengetahui teknis perawatan pompa air, karena setiap jenis pompa memiliki perbedaan teknis dalam perawatannya.

Untuk jenis pompa sumur dangkal dan jenis pompa jet (jetpump) ini perawatannya lebih mudah, karena umumnya letak mesin pompa berada di atas permukaan, jadi memudahkan Anda untuk melakukan kontrol secara berkala.

Anda bisa melakukan kontrol dengan cara mendengar apakah suara mesin motor masih normal, debit yang dihasilkan apakah tidak ada perubahan, ataukah kondisi fisik mesin pompa air yang perlu untuk dibersihkan dari debu yang menempel.

Sedangkan untuk perawatan mesin pompa submersible lebih sulit dilakukan, karena letak mesin yang berada di dalam lubang sumur dan terendam air. Pompa ini juga memerlukan perawatan, meskipun tidak terlalu sering dilakukan karena letaknya yang dibawah permukaan.

Namun, jika debit air berkurang secara signifikan, mungkin Anda harus mengangkat pompa sebelum terjadi hal yang lebih fatal pada mesin pompa submersible.

10 Pompa air berkualitas dan awet untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari

Setelah Anda mengetahui beberapa hal penting tentang pompa air serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi pompa air terbaik dari berbagai merek.

10. Pompa Air Shimizu PS 130 BIT


Harga : Rp 540.000

Daya hisap lebih kuat, berkualitas dan hemat listrik

Pompa sumur air dangkal otomatis Shimizu PS 130 BIT ini memiliki daya hisap 9 meter dengan daya dorong maksimal 40 meter. Pompa ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan air di rumah Anda, karena pompa pendorongnya mampu menambah tekanan pada titik-titik air sehingga tekanan air pada kran bisa lebih maksimal.

Selain itu, Anda bisa menghemat pengeluaran listrik karena daya yang dimiliki pompa air ini dibuat berdasarkan kebutuhan rumah tangga. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di Bukalapak.

9. Pompa Air Sanyo PH-236AC


Harga : Rp 880.000

Semburan lebih kencang, awet dan otomatis

Pompa air merek Sanyo ini memiliki sistem pompa otomatis yang bisa mematikan air dengan sendirinya jika kran air dimatikan. Selain itu, kemampuannya bisa mendeteksi panas secara berlebihan pada mesin, sehingga pompa air akan lebih awet dan tahan lama.

Sanyo PH-236AC memiliki semburan yang sangat kencang, dan sangat baik digunakan untuk rumah yang bertingkat. Selain itu, konsumsi daya listriknya yang rendah bisa membuat Anda lebih berhemat. Anda bisa membeli pompa air ini di Bukalapak.

8. Pompa Air Sharp SPS-129 SA


Harga : Rp 550.000

Lebih awet, berkualitas serta bergaransi 3 tahun motor

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di rumah Anda, pompa air Sharp ini bisa menjadi pilihan terbaik. Pompa air ini memiliki daya hisap 9 meter dengan suara pompa yang dikeluarkan lebih halus, sehingga tidak membuat kebisingan dan lebih nyaman untuk dipakai di rumah.

Pompa air auto ini menggunakan konsumsi daya listrik yang rendah,, sehingga Anda bisa lebih berhemat. Selain itu, instalasi pompa air ini mudah memasangnya, bersih dan tahan karat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di Bukalapak.

7. Pompa Air Sharp SPS 306 JP


Harga : Rp 1.750.000

Semburan lebih besar, berkualitas tinggi dan tahan lama

Anda ingin Automatic Jet Pump berkualitas, kuat dengan semburan yang lebih besar, Sharp SPS 306 JP adalah pilihan terbaik. Karena pompa air ini memiliki daya hisap 30 meter dengan motor 100% tembaga dengan 24 jam non-stop, sehingga Anda tidak perlu repot lagi mendapatkan air bersih.

Pompa air ini dilengkapi dengan thermal protector dan memiliki pelindung panas hingga 80 derajat celcius. Untuk mendapatkan pompa air berkualitas ini, Anda bisa membelinya di Bukalapak.

6. Pompa Air Shimizu PS 135 E


Harga : Rp 628.000

Handal, berkualitas dan bergaransi

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari, Anda cukup menggunakan pompa air dengan daya hisap 9 meter. Selain lebih hemat pemakaian listrik, pompa air Shimizu PS 135 E ini terkenal kualitasnya yang handal sehingga lebih awet dan tahan lama.

Shimizu PS 135 E ini konsumsi daya listriknya 125 watt (running) dan 300 watt (start). Selain itu, pompa air ini juga dilengkapi dengan thermal protector dan tangki serta produknya yang bergaransi 1 tahun. Anda bisa membeli pompa air ini di Bukalapak.

5. Pompa Air Shimizu JET 100 BIT


Harga : Rp 759.000

Berkualitas, lebih awet dan hemat pemakaian listrik

Anda bisa lebih berhemat jika menggunakan pompa air Shimizu JET 100 BIT, karena pompa air ini memiliki daya daya output 100 W, daya input motor 100 W, daya input motor 0,35 kW.

Selain itu, fitur yang dimiliki pompa air bisa memenuhi kebutuhan air di rumah Anda dengan sangat baik, karena memiliki panjang pipa hisap 11 meter dengan daya dorong maksimal 29 meter, dan dilengkapi dengan pipa hisap 1 inch dan pipa dorong 1 inch. Anda bisa membeli pompa air berkualitas ini di Bukalapak.

4. Pompa Air Shimizu PC 375 BIT


Harga : Rp 1.975.000

Semburan lebih besar, berkualitas dan handal

Pompa air Shimizu PC 375 BIT ini mampu menghisap air sampai kedalaman 40 meter, sehingga pompa ini sangat baik digunakan untuk kebutuhan rumah Anda yang bertingkat atau bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kantor Anda.

Pompa air otomatis ini memiliki daya output liskrik 375 watt dengan daya dorong maksimal 40 meter. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pompa air berkualitas ini di Bukapalak.

3. Pompa Air Mitsubishi WP-155ID


Harga : Rp 1.750.000 – Rp 2.170.000

Pompa air berkualitas, lebih tangguh dan tahan lama

Pompa air berkualitas dari Mitsubishi ini akan memudahkan Anda mendapatkan air dengan lancar untuk kebutuhan sehari-hari. Karena pompa air ini memiliki kemampuan untuk mengambil air sebanyak 80 liter per menit.

Mitsubishi WP-155ID beroperasi secara otomatis saat Anda menghidupkan kran air. Selain itu material yang digunakan terbuat dari bahan baja sehingga anti karat dan lebih awet. Anda bisa membeli pompa air berkualitas ini di Bukalapak.

2. Pompa Air Lakoni Dwp 255a


Harga : Rp 1.300.000

Semburan lebih deras, berkualitas dan lebih stabil

Anda menginginkan pompa air dengan merek yang berbeda dan berkualitas, Anda bisa membeli pompa air Lakoni Dwp 255a. Pompa ini memiliki sistem otomatis yang akan memudahkan Anda ketikan menggunakan.

Selain itu, pompa air ini dilengkapi dengan balon karet yang bisa membantu menjaga tekanan air ketika dikeluarkan agar tetap stabil. Anda bisa membeli pompa air ini di Bukalapak.

1. Pompa Air Panasonic GP 200 JXK


Harga : Rp 635.000

Pompa air berkualitas, awet dan bergaransi motor 3 tahun

Produk Panasonic memang terkenal dengan kualitasnya yang handal. Salah satu yang dikeluarkan dari merek ini adalah pompa air sumur dangkal GP 200 JXK yang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan air di rumah dengan mudah dan lancar.

Pompa air ini bersertifikat SNI dan konsumsi daya listriknya 200 watt. Selain itu, Anda akan mendapatkan garansi motor 3 tahun berdasarkan ketentuan yang ada di kartu garansi. Anda bisa membeli pompa air ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum Anda membeli pompa air, maka terlebih dahulu pastikan berapa kira-kira kedalaman air di daerah Anda, kemudian tentukan jenis pompa air yang akan digunakan, apakah pompa sumur dangkal, pompa jet atau pompa submersible.
  • Selain itu, Anda bisa memilih jenis pompa yang sesuai dengan kebutuhan di rumah Anda dengan mempertimbangkan tingkat keefisienan, kepraktisan dan juga konsumsi daya listriknya.
  • Anda bisa memilih pompa air Shimizu JET 100 BIT, karena pompa ini memiliki kualitas yang sangat baik, lebih awet dan hemat listrik.
  • Namun jika Anda menginginkan pompa air dengan semburan yang lebih besar dan stabil serta berkualitas terbaik, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke pompa air Mitsubishi WP-155ID.
  • Sedangkan, jika Anda ingin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air keluarga di rumah Anda dengan kualitas pompa yang lebih awet dan bergaransi, maka Anda bisa memilih pompa air merek Sharp SPS-129 SA.

Referensi

Pompaair (2019), Menentukan Jenis Mesin Pompa Air Yang Tepat Untuk Sumur Bor Dalam, https://pompair.com/pompa-air-sumur-bor-dalam/

Pompaair (2019), Cara Benar Merawat Mesin Pompa Air agar Tetap Awet dan Optimal, https://pompair.com/merawat-pompa-air/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *