10 Selimut Bagus dan Berkualitas

Tidur Anda akan semakin nyaman jika memakai selimut yang bagus dan berkualitas. Selimut biasanya digunakan untuk menghangatkan tubuh ketika cuaca sedang dingin, namun selimut juga dipakai saat seseorang tidak terbiasa tidur jika tidak menggunakan selimut.

Beraneka macam jenis selimut di pasaran bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, bahannya pun bermacam-macam dengan motif dan warna yang menarik. Semakin banyak pilihan, bisa saja semakin bingung menentukan selimut mana yang tepat untuk melengkapi kebutuhan di tempat tidur.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa selimut bagus dan berkualitas berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang berbagai macam selimut, bahan, motif dan warna, sekaligus perawatannya.

Memilih jenis-jenis selimut berdasarkan kebutuhan

Ketika Anda akan membeli selimut, pastikan penggunaannya terlebih dahulu. Apakah selimut yang Anda gunakan untuk mengatasi musim dingin, untuk traveling, atau hanya untuk penutup tubuh Anda saat tidur.

Untuk itu, penting memilih jenis selimut dengan tepat berdasarkan kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis selimut yang bisa Anda pakai dalam situasi tertentu:

Pertama, selimut bulu. Jenis selimut bulu sangat cocok Anda gunakan saat musim dingin, selain bisa menghangatkan tubuh, bulu-bulu sintetis yang tebal akan memberikan kenyamanan dan bisa menambah kualitas tidur Anda. Namun yang perlu Anda perhatikan ketika memilih jenis selimut bulu adalah kualitasnya harus sangat baik, agar bulu tidak mudah rontok.

Kedua, selimut katun. Selimut jenis katun memiliki karakteristik lebih tipis, sangat baik menyerap keringat dan lebih awet. Selimut ini banyak digunakan ketika musim panas tiba sebagai penutup saat tidur. Namun karena terlalu tipis, selimut ini kurang cocok digunakan saat musim dingin.

Ketiga, selimut handuk. Selimut ini memiliki bentuk seperti handuk, agak tebal dan sangat nyaman digunakan. Selimut ini sangat cocok digunakan saat traveling keluar kota, lebih praktis dan mudah dibawa, karena selimut handuk tidak setebal selimut bulu.

Keempat, selimut bantal guling. Selimut ini bisa dibentuk menjadi bantal dan guling, dan bagian dalam selimut bantal guling berisi bahan seperti silikon sehingga bentuknya lebih tebal dan nyaman. Selimut bantal guling biasanya digunakan untuk tempat tidur balita.

Kelima, selimut karakter. Selimut ini memiliki desain yang menarik dengan motif dan warna yang sangat mencolok sehingga selimut ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak. Biasanya selimut ini bergambar tokoh-tokoh fiksi, klub sepakbola maupun flora fauna.

Beragam jenis selimut di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah. Tentu pemilihan selimut yang tepat sesuai dengan kebutuhan adalah prioritas utama untuk mendapatkan kenyamanan istirahat dan tidur Anda.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat selimut

Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan selimut sangat bervariasi. Semakin berkualitas bahan yang digunakan, tentu harganya juga semakin mahal. Namun Anda bisa menerka bahan selimut apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah. Berikut ini beberapa bahan dasar yang digunakan produsen untuk membuat selimut:

Selimut dari bahan wol

Selimut ini sangat cocok digunakan pada lingkungan dengan suhu yang rendah, karena selimut berbahan wol memiliki kemampuan sangat baik untuk menghangatkan tubuh dan menjaga agar suhu panas tubuh tidak kedinginan.

Selain itu, selimut berbahan dasar wol merupakan produk organik yang sangat ramah lingkungan. Meskipun demikian, Anda memerlukan perawatan khusus agar selimut wol tidak mudah rusak atau menyusut setelah dicuci.

Selimut dari bahan katun

Selimut katun ini sangat cocok digunakan saat suhu lingkungan Anda tinggi atau panas. Selimut ini memiliki karakteristik lebih tipis, ringan dan lebih awet. Namun jangan terlalu sering dicuci selimut berbahan katun ini, karena teksturnya mudah menyusut.

Selimut dari bahan sintetis

Selimut dari bahan sintetis ini sangat banyak jenisnya dengan berbagai macam kombinasi bahan sintetis yang ada di dalamnya. Polyester, nilon, microfiber dan akrilik adalah beberapa bahan dasar selimut sintetis. Adapun jenis kain selimut sintetis adalah sebagai berikut:

Selimut kain fleece yang yang terbuat dari perpaduan antara daur ulang botol plastik dengan kain sintetis. Kain ini memiliki karakteristik lebih ringan, lembut dan nyaman saat dipakai. Biasanya selimut kain fleece digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat selimut bayi, karena selimut ini sangat baik digunakan untuk kulit yang sensitif.

Selimut kain bulu yang terbuat dari bahan polyester 100%, memiliki sifat yang lembut dan nyaman saat digunakan. Selimut bulu banyak digunakan oleh orang dewasa, karena jika digunakan anak-anak dikhawatirkan bulunya rontok sehingga bisa terkena alergi, namun Anda bisa mengatasinya jika memilih selimut bulu dengan bahan sintetis yang berkualitas.

Selimut kain flanel dulunya terbuat dari bahan wol, namun sekarang kain flanel banyak menggunakan bahan polyester. Selimut berbahan kain flanel ini banyak variannya, jadi Anda harus jeli ketika memilihnya, agar selimut yang Anda beli memiliki kualitas yang baik.

Memilih motif dan warna selimut yang tepat

Ketika memilih selimut, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana Anda menyelaraskan motif dan warna selimut dengan sprei agar bisa kelihatan cantik dan indah. Anda bisa memilih motif polos dengan warna yang softly untuk memberikan kesan nyaman dan lebih netral jika bersanding dengan berbagai macam motif sprei.

Sedangkan untuk anak-anak atau remaja, Anda bisa memilihkan selimut dengan motif berkarakter seperti gambar tokoh-tokoh fiksi, gambar klub sepakbola, atau gambar lainnya yang cocok dan mereka sukai.

Merawat selimut agar awet dan tahan lama

Dalam merawat selimut yang harus diperhatikan adalah jenis bahannya. Penanganan selimut berbahan alami tentu berbeda dengan yang berbahan sintetis. Selimut berbahan sintetis lebih mudah perawatannya daripada yang berbahan alami seperti wol atau katun.

Meskipun demikian, dalam menangani selimut berbahan sintetis yang harus Anda perhatikan adalah menghindari panas yang berlebihan ketika mengeringkannya, dan jangan menyetrika dengan temperatur yang tinggi.

Dan, untuk menghilangkan noda pada selimut berbahan sintetis cukup mudah, misalkan jika berbahan dasar polyester, Anda cukup mencucinya dengan air hangat setelah direndam terlebih dahulu dengan detergen.

Sedangkan untuk selimut yang berbahan nilon dan akrilik, bisa dicuci seperti biasa dalam mesin cuci, lebih baik jika Anda rendam terlebih dahulu dengan detergen agar lebih mudah ketika membersihkannya.

Sementara untuk merawat selimut yang berbahan wol dan katun tergolong lebih sulit karena bahan alaminya yang lebih sensitif. Jadi Anda perlu perawatan khusus, misalnya dengan menggunakan detergen khusus, menggunakan pelembut yang dicampurkan ke air saat mencuci. Selain itu jangan mengeringkan di tempat yang intensitas panasnya tinggi atau langsung terkena sinar matahari langsung.

Setelah selimut Anda benar-benar bersih, gulung selimut dan jika bisa jangan dilipat dengan lipatan yang sangat sempit atau tajam. Kemudian simpan selimut di tempat yang kering, aman dari kelembaban ruangan, dan bebas dari hewan pengerat.

Tentu, perawatan selimut yang tepat bisa membuat selimut lebih awet, tidak mudah menyusut dan motifnya tetap kelihatan cantik dan bersih.Yang lebih penting adalah perawatan selimut dengan tetap menjaga kebersihan agar selimut tidak sering dicuci, namun jika terpaksa dicuci maka cucilah sesuai dengan ketentuan seperti di atas.

10 Selimut Bagus dan Berkualitas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang selimut, bahan yang digunakan, motif dan warna, serta perawatan selimut, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi selimut bagus dan berkualitas dari berbagai merek berikut ini:

10. Selimut Kendra Super Soft


Harga : Rp 99.500

Selimut berkarakter dan super lembut

Selimut Kendra ini berukuran 150 x 200 cm dengan motif-motif berkarakter yang akan membuat istirahat Anda lebih nyaman. Selain itu, bulu halus pada selimut ini tidak mudah rontok.

Selimut Kendra juga memiliki kelebihan lain seperti, anti bakteri dan jamur, bisa di cuci dengan menggunakan mesin cuci sehingga Anda tidak perlu repot mengucek dengan tangan ketika mencucinya. Anda bisa membelinya selimut super halus ini di Bukalapak.

9. Selimut Dunlopillo Joy Thermal Blanket Maroon 150×200


Harga : Rp 183.000

Lebih tebal, awet dan nyaman dipakai

Selimut Dunlopillo memiliki beberapa varian warna softly yang akan membuat tidur Anda lebih tenang dan nyenyak. Selimut ini juga nyaman digunakan karena lebih empuk dengan ketebalan yang akan membuat Anda merasa hangat disaat musim dingin.

Untuk merawat selimut ini, Anda dapat menggunakan air hangat dan jangan disikat agar selimut lebih awet dan tahan lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli selimut Dunlopillo ini di Bukalapak.

8. Selimut Namale 150×200


Harga : Rp 88.000

Desain comfy, lembut dan tidak mudah luntur

Selimut Namale berbahan microfiber yang akan memberikan kenyamanan dan kehangatan saat Anda tidur. Selimut ini juga memiliki desain comfy dengan motif warna polos yang akan membuat cantik ruang tidur Anda.

Selimut ini dirancang tahan terhadap panas, tidak mudah luntur dan tahan terhadap bahan kimia. Selain itu, selimut Namale mudah dicuci dengan berbagai macam larutan pembersih. Anda bisa membeli selimut ini di JD.ID.

7. Selimut Bedcover Marvelo Single


Harga : Rp 260.000

Terbuat dari bahan berkualitas, lebih nyaman dan tahan lama

Selimut bedcover ini memiliki ukuran 160×240 cm dengan bahan kain katun yang akan membuat Anda lebih nyaman beristirahat, dan tidur Anda akan semakin nyenyak karena selimut ini lebih halus dan mudah mengembang.

Selain itu selimut ini mudah dicuci dan warnanya tidak mudah luntur atau memudar sehingga lebih awet dan tahan lama. Selimut ini juga memiliki banyak varian warna yang akan memudahkan menyesuaikan dengan interior ruang tidur Anda. Anda bisa membeli selimut ini di Bukalapak.

6. Selimut Joysleep Acrylic Blanket Coco


Harga : Rp 179.000

Sangat lembut, nyaman dan mudah dibersihkan

Selimut Joysleep ini berukuran 150×200 cm dengan warna coco yang akan membuat istirahat Anda lebih nyaman. Selimut ini sangat lembut dan hangat ketika dipakai saat musim penghujan datang.

Selain itu selimut yang berbahan polyester ini mudah dicuci dan dibersihkan, sehingga selimut lebih awet dan tahan lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di JD.ID.

5. Selimut Bonita 160×200


Harga : Rp 110.000 – Rp 180.000

Bahan lebih halus dan lebih tebal dengan motif berkarakter yang menarik

Anda mengiginkan selimut motif berkarakter super lembut dan nyaman digunakan, Anda bisa memilih Selimut Bonita. Merek yang terkenal dengan iklannya di televisi ini selalu mengeluarkan produk-produknya yang berkualitas.

Selimut Bonita ini berukuran 160×200 cm dengan bahan soft panel yang akan membuat tidur Anda semakin nyenyak. Selain itu, selimut ini tebal dan tidak mudah rontok. Anda bisa membeli selimut ini di Bukalapak.

4. Selimut Lady Rose


Harga : Rp 100.000

Selimut motif berkarakter, nyaman dan lebih lembut

Selimut Lady Rose ini memiliki berbagai macam pilihan karakter yang lucu, unik dan menarik. Selain itu, selimut ini mudah dicuci dan tidak mudah luntur, sehingga tampilan selimut selalu nampak indah.

Selimut ini berukuran 160×200 cm dengan bahan bulu halus panel yang halus dan lembut, sehingga akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Anda bisa membeli selimut Lady Rose ini di Bukalapak.

3. Selimut Bedcover My Love


Harga : Rp 123.000 – Rp 178.000

Lebih nyaman dipakai, berkualitas dan tahan lama

Selimut bedcover dari merek My Love ini memiliki berbagai pilihan motif yang menarik dan elegan. Ruang tidur Anda akan semakin sempurna jika dilengkapi dengan selimut dari merek My Love.

Selimut ini lebih tebal dan lebih nyaman dipakai. Selain itu, selimut ini akan membuat Anda tetap hangat dan bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak. Anda bisa membeli selimut ini di Bukalapak.

2. Selimut Kintakun 160×200


Harga : Rp 120.000 – Rp 147.000

Lebih halus, nyaman dan tidak luntur

Selimut Kintakun ini terbuat dari bahan polyster 100%. Selimut ini sangat cocok Anda gunakan, karena kainnya yang halus dan lembut dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dan pulas.

Selimut ini juga memiliki kelebihan seperti anti alergi, anti bakteri dan juga anti iritasi sehingga aman digunakan. Selain itu, selimut ini mudah dicuci dan tidak luntur. Anda bisa membeli selimut ini di Bukalapak.

1. Selimut Bed Cover King Rabbit


Harga : Rp 399.000 – Rp 583.000

Lebih berkualitas, tebal dan nyaman

Selimut dari merek King Rabbit ini terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik. Selimut ini memiliki teknologi anti bakteri dan juga ringan. Selain itu, selimut ini berbahan 100% Italian organic combed cotton dengan isi yang terbuat dari dacron silicon dan micro fiber.

Selimut bedcover ini juga berdaya serap tinggi sehingga mampu menyerap keringat dengan sangat baik dan mampu menjaga kelembaban agar tetap sejuk. Anda bisa membeli selimut berkualitas terbaik ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum memilih selimut, Anda harus memperhatikan jenis bahan yang digunakan dan kondisi lingkungan saat Anda membutuhkan selimut untuk mengatasi kedinginan atau selimut yang hanya digunakan untuk menutupi tubuh saat Anda tidur.
  • Anda harus memperhatikan bahan dasar selimut sebelum Anda mencucinya, agar selimut Anda tidak mudah menyusut, lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih selimut dari King Rabbit, karena selimut ini terbuat dari bahan berkualitas, lebih tebal dan nyaman digunakan.
  • Namun jika Anda ingin selimut berkarakter dengan motif-motif yang menarik dan bentuk lebih tebal serta lembut, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke selimut Bonita.
  • Sedangkan, jika Anda ingin selimut yang terbuat dari bahan kain katun berkualitas dengan bentuk yang lebih tebal dan lembut, maka Anda bisa memilih selimut dari merek Marvelo.

Referensi

Howtocleanstuff (2014), How to Wash Blankets, http://www.howtocleanstuff.net/how-to-wash-blankets/

Mary Marlowe Leverette (2018), How to Wash an Electric Blanket, https://www.thespruce.com/how-to-wash-an-electric-blanket-2146292

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *